Waspada, AVC Coin Gunakan Teknik Pump-and-Dump Scam di Market CoinTiger

Waspada, AVC Coin Gunakan Teknik Pump-and-Dump Scam di Market CoinTiger

Artikel ini mencoba membongkar teknik Pump-and-Dump Scam yang digunakan oleh AVC Coin di market CoinTiger.com.

Catatan Penting:
AVC Coin dikembangkan oleh sekelompok orang yang sebelumnya mengembangkan Bitalgo dan platform Algopacks. Sedikit informasi terkati AVC coin ini bisa anda temukan di kedua website berikut ini:

1. https://www.avcnode.com/
2. https://avccoin.org/

Sebagian besar karakteristiknya masih sama dengan coin terdahulunya yaitu Bitalgo. (Baca juga: Algopacks.com Memiliki Ciri-ciri yang Mirip dengan “bitcoin scams”)

Yang berbeda adalah AVC Coin segera diluncurkan di market CoinTiger.com.

seperti yang dipublikasikan oleh beberapa kanal resmi CoinTiger.com, tanggal 12 Juni 2020 jam 16.00, pair AVC/BTC sudah dapat diperdagangkan di Market Exchange CoinTiger.com.

Pengumuman CoinTiger.com: https://cointiger.zendesk.com/hc/en-us/articles/360050009473-CoinTiger-Will-List-AVC-Coin-AVC-at-16-00-on-12-June-2020-5400-AVC-Giveaway

Melihat umur AVC Coin yang masih seumur jagung, publikasi “New Listing” dari CoinTiger menarik perhatian beberapa penggiat mata uang digital.

Terlebih, AVC Coin dikembangkan oleh sekelompok orang yang sebelumnya mengembangkan Bitalgo dan Platform Algopacks.

Seperti yang kita ketahui, Bitlago, saudara tua AVC Coin yang konon lahir tahun 2018 dan memiliki karakteristik yang mirip dengan Bitcoin Scam,hingga saat ini tidak pernah masuk di pasar besar manapun, termasuk CoinTiger.

A Pump-and-Dump Scheme usually target micro- and small-cap stocks, as they are the easiest to manipulate. Due to the small float of these types of stocks, it does not take a lot of new buyers to push a stock higher.

Kecurigaan beberapa penggiat mata uang digital makin menguat ketika ikut serta memantau aktifitas Trading yang dibuka pada 12 Juni 2020.

Indikasi Pump-and-Dump Scam sangat terlihat jelas pada hari itu.

Bagi anda yang baru mengetahui istilah Pump-and-Dump Scam bisa membaca dua artikel sederhana dibawah ini untuk memahaminya:
1. https://www.investopedia.com/news/how-cryptocurrency-pumpanddump-scams-work/
2. https://www.investopedia.com/terms/p/pumpanddump.asp

Pada artikel ini juga kami akan berusaha membahas teknik Pump-and-Dump Scam yang dimaksud diatas.

1. Teknik Pump-and-Dump, Trik untuk Menaikan Harga Cryptocurrency pada Market Exchange

Menurut coindesk.com, teknik Pump-and-Dump Scam sudah ada dan sudah sering digunakan sebelum cryptocurrency lahir.

Teknik ini digunakan untuk memanipulasi harga di sebuah pasar dan sering kali dilakukan secara terbuka.

“Pump and dump” schemes have been around since long before cryptocurrency was invented. What’s striking about the crypto markets is that this type of manipulation is done out in the open.

Bagaimana teknik Pump-and-Dump Scam dilakukan?

Sebelum sebuah mata uang digital masuk ke dalam market exchange, biasanya sekelompok orang sudah berkoordinasi terlebih dahulu untuk melakukan pembelian secara besar-besaran di waktu yang telah di tentukan.

During that time, a group of traders wreaked havoc in the markets by manipulating prices through purchasing in groups.

Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kondisi seolah-olah “demand” terhadap mata uang digital tersebut sangat tinggi.

Lalu jika harga sudah tinggi, apa yang dilakukan oleh sekelompok orang tersebut?

Biasanya mereka akan melakukan publikasi untuk mengekspose “tingginya” harga mata uang digital tersebut via medial sosial untuk menarik perhatian investor.

A horde of traders drum up enthusiasm for a coin by evangelizing it on multiple channels, including social media. Subsequently, they instigate a coordinated purchasing frenzy for it. As the coin’s price climbs, other traders, unconnected to the pump-and-dump group, also latch onto the buying spree, further boosting its price. The coordinated action is repeated, except this time around in selling the coin, when it reaches a certain price target

Setelah 2 hari, kami-pun menemukan publikasi di akun twitter AVC Coin:

2. Indikasi-indikasi Pump-and-Dump Scam AVC Coin di CoinTiger.com

Untuk menemukan bukti-bukti indikasi teknik Pump-and-Dump Scam AVC Coin tidaklah sulit.

Pertama, kita bisa memperhatikan grafik penjualan dan pembelian seperti yang tampak pada gambar dibawah ini:

Pump-and-Dump Scam – AVC Coin
(Klik untuk Gambar Lebih Jelas)

Grafik yang diberi tanda merah adalah indikasi kuat bahwa saat itu terjadi pembelian secara besar-besaran untuk mendongkrak harga AVC saat itu (12 Juni 2020).

Alhasil, pada 12 Juni 2020, harga AVC bisa menembus angka $3.

Angka ini cukup menarik bagi para promoter AVC Coin untuk melakukan promosi dan menarik perhatian calon “pembeli” AVC Coin yang mungkin awam dunia mata uang digital.

Lalu apa yang terjadi pada hari-hari berikutnya?

Teknik ini biasanya tidak hanya dilakukan sendiri, beberapa market exchange, bisa jadi ikut andil untuk menstabilkan harga dikemudian hari dengan menggunakan “automated trading“.

Baca juga artikel ini: KNOW YOUR ENEMY: Trading Manipulations in Crypto Markets

Perhatikan gambar-gambar berikut ini (diambil pada 13 Juni 2020):

Pump-and-Dump Scam – AVC Coin
(Klik untuk Gambar Lebih Jelas)
Pump-and-Dump Scam – AVC Coin
(Klik untuk Gambar Lebih Jelas)

Lalu renungkan dengan seksama kalimat analisa berikut ini:

when looking closely at the trade history, you may notice that, although the book looks alive and trade is being executed every few seconds, it consistently happens between the first bid and the first ask.
Indication of Trading Bot
Trades within the spread are an indication of an algorithm (automated trading machine or what people refer to as a “bot”) sending buy and sell orders from two different accounts at the same time, executing trades between them without any risk of loss (besides trading fees if they exist).

This type of manipulation goes by the name, wash trading. In a wash trade, the manipulator sells and repurchases the same or similar quantity of assets multiple times causing the volume of the asset to increase in an artificial way.
Indication of Trading Bot

Dengan kata lain, aktifitas trading dihari-hari berikutnya kemungkinan besar dan sebagian besar bukan terjadi karena adanya “demand pasar yang nyata.”

Bukti-bukti lain yang mengindikasi teknik Pump-and-Dump Scam AVC Coin memang terjadi, bisa terlihat dari Komentar Member Komunitas AVC yang sebagian besar adalah Trader Pemula.

Berikut ini adalah tangkapan layar dari komentar-komentar yang berhasil kita dokumentasikan:

Pump-and-Dump Scam – AVC Coin
(Klik untuk Gambar Lebih Jelas)

Trader pemula biasanya terlihat sangat senang jika mata uang digital yang dibelinya saat itu mencapai harga tertinggi.

Mirip seperti anak yang baru pertama kali diberi permen loli, semua komentar kesenangan akan muncul secara spontan.

Dan jika anda sudah banyak bermain di berbagai market exchange, ekspresi “kesenangan” member dari komunitas AVC Coin ini bisa cukup menghibur. 😀

Pump-and-Dump Scam – AVC Coin
(Klik untuk Gambar Lebih Jelas)

Sebagai penutup, semua kesimpulan kami kembalikan kepada anda. Yuk gencarkan gerakan #Smart #Crypto #Investment dengan #Edukasi BUKAN dengan #ImingImingHadiah

Sebagai hiburan, berikut kami tampilkan beberapa komentar dari para trader AVC Coin:

Komentar Hiburan – AVC Coin
(Klik untuk Gambar Lebih Jelas)

Jangan lupa baca juga artikel dibawah ini:

This Post Has 9 Comments

  1. andry

    bisa tolong bahas Bens coin (BSC ) …sepertinya mirip2 jg kasusnya pump & dump scam. indonesia punya jg. tp ud listing di cmc. p2pb2p. hobbit soon.
    supaya jgn banyak kena tipuan pump nya jg.

    1. Kami usahakan gan… resource kami terbatas.. mohon maaf. kami sedang mencoba menyelamatkan teman-teman yang tergiur di bitalgo AVC dan algopacks… btw terima kasih usulannya gan. mungkin nanti kami akan coba buat web terpusan yang membahas mata uang digital dan coin-coin yang sedang hype di indonesia.. stay safe gan

  2. Ah, ini barisan org org cerdas tp bermental pencuri yg punya bisnis coin juga dmn para membernya banyak walk out gara2 edukasi benar ttg crypto. Sakit hati deh, dg perkembangan algopacks, sy sih heran knp bahasnya cuman algopacks dan Bitalgo, klo mmg niat mau nyelamatin org2 tentunya banyak tuh bisnis crypto lain yg nyatanya akan scam. Knp tdk dibahas…. Kan aneh. Justru dg Serangan spt ini banyak membuka mata hati org2 yg gak tau algopacks , malah akan membuat algopacks semakin naik daun. Bagaikan Islam yg sering dituduh teroris di Eropa dan Amerika, malah banyak warganya yg penasaran dg Islam dan memeluk Islam. Bodoh….. Anda bodoh.

    1. Hahaha panas gan? Nama websitenya juga pantaualgopacks masa bahas crypto laen… hahaha Tunggu inforgrafik kita yang isinya kebohongan2 algopacks. Wah bangga disamain ama Islam dan dibilang Bodoh 😀 saya percaya anda genius tidak bodoh seperti kami HAHAHAHA

  3. Terimakasih atas pengakuan antum kalo ane jenius dan ente bodoh. Ane tunggu kebohongan 2 dr ente. Termasuk kebohongan ente di bisnis yg ente bangun yg kini scam. Ane tunggu ya website pantauautogajian.com atau pantaugive4dream.com, atau pantaujiwasraya.com atau pantau pantau yg lain. Biar semua org terselamatkan. Jgn cuman algopacks aja. Bahlul…..

    1. Hahahaha… ane suka liat kepinteran ente… Waaah senangnya ente mau nungguin ane buat website-website itu.. tapi kayanya lebih seru kalau buat website pantauavc.com hahahahaha

  4. MASTER CRYPTO

    WAH… KEREN. Sampai ada Tim Pantau Algopacks, berarti Algopacks hebat dong. Algopacks dipantau untuk di cari kelemahannya, tapi semakin hari malah semakin exist, sedangkan yang lain sudah pada tumbang dan scam. Saya tak jadi pengamat aja deh….

    1. 😀 oooo baru tau klo Algopacks hebat karena ada Tim Pantau Algopacks… Kami juga baru sadar kalau kami mencari kelemahan algopacks… Setau kami itu hanya jejak digital dan fakta-fakta yang ada. hahahaha… Salam dah buat Kudus om… Sukses juga tuk trading educationnya… om kan ahlinya trading… 😀

Leave a Reply